Pendampingan Kelompok Wanita Tani Dalam Penanaman Tanaman Toga Serta Pengenalan Cinta Lingkungan Pada Anak-Anak Usia Dini

Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh KKN Universitas Jember 197 Sumber Kokap pada tanggal 8 Agustus 2018 yang bertempat di area green house milik wanita tani. Green house milik kelompokwanita tani ini beranggotakan ibu-ibu masyarakat desa Sumber Kokap, yang dipimpin oleh ibu Armiharsih selaku istri kepala Desa Sumber Kokap. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang tanaman toga serta mengembalikan minat masyarakat dalam mengelola green house milik wanita tani tersebut. Sudah satu tahun terakhir green house kelompok wanita tani tersebut tidak dikelola dan dibiarkan kosong. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan dalam pengoptimalan tanaman toga dan pengenalan cinta lingkungan pada anak-anak. Mengembalikan minat ibu-ibu sangat penting untuk lebih mengelola green house dalam jangka panjang dan penanaman segala jenis tanaman yang berguna di kehidupan sehari-hari.

              Tanaman toga sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari terutama untuk obat dan juga lain-lain. Green house tersebut juga ditanami sayur untuk dapat di konsumsi masyarakat Desa Sumber Kokap. Tidak hanya itu dalam pendampingan ini juga dilakukan penanaman bunga guna memperindah green house dan pengenalan cinta lingkungan pada anak-anak. Kegiatan pendampingan tersebut di hadiri oleh PPL Desa Sumber Kokap yakni Mas Husein selaku undangan, dimana beliau juga memaparkan penjelasan pentingnya pengoptimalisasian green house dan juga manfaat dari tanaman-tanaman tersebut. Undangan yang kedua di hadiri oleh ibu Kepala Desa Sumber Kokap dan ikut mengisi kegiatan pendampingan tersebut. Terbengkalainya green house wanita tani ini di sebabkan karena kurangnya kekompakan antar anggota, oleh karena itu kegiatan ini juga mengundang anggota kelompok tani supaya untuk kedepannya green house dapat di kelola dengan baik.

              Pengenalan cinta lingkungan pada anak usia dini perlu di lakukan supaya anak-anak memperoleh pengetahuan tentang tanaman sehingga memiliki kesadaran untuk merawat tanaman sejak dini, karena di era yang serba maju seperti sekarang perlu adanya kegiatan seperti ini supaya anak-anak juga mengenal dan cinta akan lingkungan tidak hanya terpengaruh oleh segala sesuatu di era modern ini. Pada kegiatan ini anak-anak di berikan pengetahuan sehingga anak-anak mampu belajar dan juga bermain. Dimulai dari penjelasan campuran tanah dengan pupuk untuk media tanam, memasukkan media kedalam polybag, penanaman tanaman pada media, dan terakhir penyiraman tanaman. Antusias anak-anak Sumber Kokap sangat patut untuk di apresiasi karena mereka sangat semangat dan mampu mengikuti kegiatan dengan baik sampai acara selesai, bukan hanya itu setelah kegiatan selesai anak-anak Desa Sumber Kokap diberikan satu polybag per anak sebagai apresiasi mengikuti kegiatan ini. Harapannya untuk kedepan dari kegiatan ini masyarakat mampu mengelola green house dengan baik dan juga anak-anak dapat lebih mencintai lingkungan dengan menanam tanaman di rumah masing-masing.